Memulai Project Baru di Android Studio

Setelah kita meng-install Android Studio sudah saatnya kita belajar bagaimana memulai pemrograman Android di Android Studio terutama adalah Memulai Project Baru di Android Studio. Sebelum itu pastikan Android Studio jika belum silahkan buka di Cara Install Android Studio, jika sudah terinstall dengan benar dan sudah mendownload apa saja yang dibutuhkan (download akan dilakukan saat membuka Android Studio pertama kali) mari kita memulai tutorial kali ini.

Memulai Project Baru di Android Studio :



  • Buka Android Studio Anda, lalu pilih "Start a new Android Studio project".



  • Setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah ini, lalu beri nama project Anda sesuai yang Anda inginkan dan pilih tempat penyimpanan project anda pada kolom "Project Location" dan klik Next.



  • Lalu pilih versi Android yang akan kalian gunakan. Jika kalian bingung untuk memilih versi Android apa yang akan kalian gunakan bisa klik "Help Me Choose"


Memilih versi Android

Tampilan saat mengeklik Help Me Choose

  • Jika sudah menemukan versi yang cocok lalu klik Next dan pilih activity yang akan digunakan, activity ini semacam template yang akan digunakan pada aplikasi. Di sini saya memilih yang Empty Activity dan klik Next.



  • Lalu beri nama activity sesuai yang Anda inginkan, jika sudah klik Finish dan tunggu loading hingga selesai (Untuk PC/Laptop yang memiliki spesifikasi standar mungkin harus bersabar karena loadingnya akan lama atau mungkin sangat lama).



  • Jika loading selesai maka tampilannya akan seperti dibawah ini.



  • Lalu pilih tab yang memiliki ekstensi .xml dan pilih tampilan Text (ada di kiri bawah) dan tampilannya akan seperti dibawah ini.



  • Untuk mengubah teks "Hello World!", silahkan ubah teks yang ada dalam petik setelah android:text= (berada di dalam tag TextView) sesuai yang Anda inginkan.


Nah gampang kan? Cukup sekian tutorial kali ini untuk tutorial tahap selanjutnya akan dibahas pada postingan selanjutnya. Semoga tutorial kali ini bisa bermanfaat untuk kalian.